SEJARAH MDTA PESANTREN AL-A'ROF

 

S E J A R A H

 

Sejarah Singkat MDTU Pesantren Al-A’rof

Madrasah Diniyah Takmiliyah ‘Awwaliyah Pesantren Al-A’rof yang disingkat MDTA Pesantren  AL-A’ROF, didirikan oleh  Yayasan Al-A'rof Muara  pada Bulan Juli  Tahun 2009. MDTA  ini didirikan berdasarkan Akta Pendirian dengan nomor register 14 yang dikeluarkan oleh Notaris Saleh Bafadal, SH. Tapi seiringnya waktu berjalan dan aturan yang mengharuskan sebuah yayasan itu harus dikuatkan dengan payung hukum Kemenkumham, maka pada tanggal 21 Januari 2020  dirubahlah Akta Notaris No.AHU-0001622.AHA.01.22. Tahun  2020  oleh Notaris Saleh Bafadal, SH. dan SK Kemenkumham No. 19   Tahun 2020 Tanggal 21  Januari 2020.

 Secara Geografis  MDTA PESANTREN AL-A’ROF terletak di Jalan Karang Anyar RT/RW 01/07  Desa Muara  Kecamatan Suranenggala  Kabupaten Cirebon. Adapun batas-batas lokasinya   sebagai berikut : Sebelah utara berbatasan dengan Bapak Kaswari sebelah barat berbatasan dengan Bapak Kaswari, sebelah selatan berbatasan dengan dengan tanah Ibu Saera  dan sebelah timur berbatasan dengan berbatasan dengan Udi Darmi.

Pada tahun 2022 lembaga pendidikan keagamaan MDTA secara nasional berganti nama menjadi MDTU, maka dengan berlakunya tersebut otomatis  Yayasan A’rof Muara menyesuaikan nama kelembagaannya menjadi MDTU, nama pesantren dari MDTU juga akhirnya disederhanakan dengan menghilangkan nama pesantrennya, sehingga nama lengkapnya MDTU AL-A’ROF.  Berdasarkan Surat Keputusan Kementrian Agama Kabupaten Cirebon Nomor : 360.11145 TAHUN 2021 dengan nomor statistic madrasah (NSM) ; 311232091145.

Dilihat dari aspek budaya tentang model pengajian (pembelajaran) agama Islam pada MDTU AL-A’ROF sebelum dilembagakan pada tahun 2009, anak – anak mengaji setelah bakda Ashar sampai menjelang Maghrib, pengajian anak-anak bertempat di Musholla Al-A’rof Muara. Keberadaan pengajian anak-anak bermula dari anak –anak yang datang ke Musholla Al-A’rof  hanya datang untuk sholat magrib saja, setelah itu anak-anak pulang ke rumah masing-masing. Mereka pada umumnya dilihat dari pekerjaan orang tuanya adalah anak-anak nelayan dari Blok Karang Anyar  Desa Muara Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon dan Blok Karang Baru Desa Mertasinga Kecamatan Gunung Jati. Sementara dari blok Muara Wetan dan Muara Kulon hampir sangat terabatas,  dengan jumlah awal anak-anak mengaji sebanyak 125 dari berbagai usia umumnya dari blok karang anyar Muara dan karang baru Mertasinga.

Melihat banyaknya anak-anak warga karang anyar yang mayoritas dari nelayan dan keluarga kurang mampu, kami ber-empati untuk merumuskan bagaimana agar anak-anak tersebut dapat diberikan pembelajaran ngaji bareng agama Islam. Menyadari ada sekelompok remaja  di muara sudah ada kenakalan remaja, yang masuk pada geng  motor Borzu banyak meresahkan masyarakat dan ternyata mereka kebanyakan dari keluarga nelayan yang Ibunya pergi ke Arab Saudi dan negara lain menjadi TKW.  Dalam  mencegah meluasnya geng motor Bourzu akhirnya pemerintah, kepolisian, tokoh masyarakat dan tokoh agama berembuk untuk membubarkan aktifitas yang meresahkan tersebut, sehingga sekitar tahun 2015 resmi dibubarkan oleh pemerintah Desa Muara yang kuwunya Bapak Kuwu Sudarmo.

   Keberadaan pengajian anak-anak madrasah  membawa perubahan yang baik bagi lingkungan sekitarnya, hal tersebut dapat dilihat dari  banyaknya anak-anak yang  mengaji Alqur'an cukup besar,  mereka (para orang tua) mulai terasa pentingnya anak-anak agar menjadi generasi yang ber-iman dan bertaqwa kepada Allah SWT, dengan semangat  anak-anaknya di dorong untuk mengaji di Al-A’rof muara.

Secara  sosiologis  MDTU AL-A’ROF  merupakan suatu lembaga pendidikan tidak terlepas dari adanya interaksi yang terjadi antar elemen di lingkungan tersebut.  Elemen-elemen dengan individu-individu yang ada.

Disamping ada geng motor Bourzu yang sudah dibubarkan, juga dimasyarakat Muara telah nampak penyakit masyarakat yang mengakar di masyarakat seperti minuman keras, berjudi bahkan narkoba pun sudah masuk ke kampung Desa Muara. Alhamdulillah berkat upaya kepolisian, pemerintah dan tokoh masyarakat penyakit masyarakat tersebut berkurang, seiring dengan tumbuh dan berkembangnya anak-anak mereka pada mengaji di musholla Al-A’rof di dalamnya, serta kelompok-kelompok yang kesemuanya berfungsi sebagai suatu kesatuan membentuk suatu interaksi.

Secara sosiologis MDTU AL-A’ROF  ini dapat berinteraksi dengan harmonis dan bekerja sama dengan semua pihak, baik antar personil di dalam lembaga maupun dengan orang-orang yang di lingkungan lembaga atau instansi lain.  Keharmonisani dalam berkoordinasi dan komunikasi  antar personil baik dengan yayasan, kepala madrasah, guru, komite, dan orang tua siswa serta pelayanan terhadap anak didik sangatlah diperioritaskan untuk mewujudkan suatu lembaga pengajian  yang hebat bermartabat, berkemajuan dan mencerahkan.

 Secara demografi bahwa MDTU AL-A’ROF ini berada pada suatu daerah yang jumlah penduknya sangat padat, hal ini sangat berpengaruh sekali terhadap kuantitas jumlah peserta didik di MDTU AL-A’ROF ini. Dengan kondisi tersebut sangat berpeluang sekali untuk meningkatkan kuntitas atau jumlah peserta didik atau santri Al-A'rof Muara berkemajuan dan mencerahkan warga Desa Muara.

Dilihat dari aspek latar belakang orang tua santri, baik berdasarkan pendidikan terakhirnya ataupun berdasarkan pekerjaannnya, maka MDTU AL-A’ROF berpeluang untuk meningkat segi kuantitas peserta didik dan kualitas proses pembelajarannya. Dari aspek pembiayaan operasional madrasah MDTU AL-A’ROF hanya menarik uang dari mereka sebesar Rp.1000.- (seribu rupiah) setiap anak/santri yang belajar mengaji. Mereka mengaji tilawah (mengaji bacaan alqur’an seperti model iqro, juz’amma sampai Al-qur’an), selanjutnya mengaji kitab dienul Islam yaitu aqidah wa tauhid (tentang keyakinan dan ke Esa-aan Allah) serta mengaji Ibadah (tata cara solat, puasa, zakat, infaq, sodakoh dan Haji), terkahir mengaji Akhlak (perilaku yang baik), ditambahkan hafalan Al-qur’an juz 30 dan hafalan do’a-do’a harian anak santri muslim.

Demikian sekilas sejarah keberadaan madrasah diniyah takmiliyah ‘ula Al-A’rof yang  telah menjadi lembaga non formal. Semoga segala aktifitas kami dalam mengajarkan ilmu agama mendapatkan limpahan pahala dari Allah ta’ala. Aamiin.

 

 

 

 

Komentar

Postingan Populer